Jumat, 11 Desember 2015

Ayoo Makan yang Banyak (6bulan)

Dagna MPASI 6 Bulan

Banyak-banyak makan
Jangan ada sisa
Ayo makan bersama
#yeyeyeelalala ...

Lucu ya aku? Makannya belepotan, hehee. Kalau begini salah siapa ya? Ambu yang nyuapin atau aku yang makannya gak bisa :D. Aku mulai makan pas usia 6 bulan. Aku berhasil dapat gelar Sarjana Muda untuk ASI 6 bulan, ayeyyy :*

Apa itu MPASI? Hehee ..
Makanan pendamping ASI. Singkat cerita, bayi yang sudah berusia 6 bulan dapat diberikan makanan. Nah, dimulainya dari yang lembut sekali makanannya. Maksudnya, makanan lembut itu makanan yang dimakan langsung ketelen di mulut kali ya :D. Pokonya mahh kalau 6 bulan, aku dikasih buah-buahan dahulu di minggu pertama dan kedua. Misalnya nih, hari pertama Ambu kasih aku buah alpukat. Cara dibuat halusnya bisa di blender atau dibejek-bejek :D yang penting halus. Jangan lupa kalau mau sedikit lebih halus tambahkan airnya. Terusnya kalau pas makan, harus minum yaa yang banyak, supaya pup*nya lancar.

Dulu, aku ada masalah pup*nya saat aku mulai memasuki makanan yang agak padat, sudah mulai bubur-buburan pas usia 7 bulan. Dengan kejadian aku yang sempet susah pup. Aku dibuatkan makanan yang lebih halus lagi. Kalau dulu usiaku 8 bulan yang seharusnya bisa makan nasi tim, aku masih bubur-buran lembek. Ambu dapat info di mbah Google, katanya kalau baby susah pup, sebaiknya makanan baby diturunkan dari standar yang seharusnya. Jadi naiknya bertahap, supaya aku bisa adaptasi ke makanan berat. Perlu diingat juga, baby-nya udah minum banyak, Ibunya juga harus minum yang banyak. Insya Allah masalah susah pup* akan teratasi, aamiin :*

Lalu, dua minggu kedua aku mulai dikasih sayur-sayuran. Untuk tahap perkenalan ini, hanya satu jenis sayuran tiap harinya. Misalnya, Ambu buatkan menu hari ini hanya sayur bayam yang di blender. Besoknya bisa divariasikan sayur yang lain. Nah, jangan lupa, untuk perkenalan harus yang halus sekali makanannya, kadang kalau perlu untuk disaring, jangan lupa disaring ya. Pakai saringan teh kalau ambu. Kalau saringan yang besi nanti diperlukan kalau udah masuk 7 bulan untu membuat bubur-buburan :D

#Catatan:
Buah-buahan bisa alpukat, pisang, mangga kalau tidak asam :D, pepaya, pear yang manis, buah naga, dll.
Sayur-sayuran bisa bayam, brokoli, kentang, labu parang, wortel (tapi jangan sering-sering, nanti kulitnya kuning :D), dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Dagna Template by Ipietoon Cute Blog Design